Kepala SKPD Harus Berinovasi

Hafies G. 17 Januari 2017 08:20:00 WIB

TANJUNG – Realisasi pendapatan asli daerah (PAD) Lombok Utara pada tahun 2016 melebihi target. Dari target Rp 115 miliar lebih, realisasi mencapai Rp 124 miliar. Sedangkan untuk 2017, Pemkab menargetkan PAD sebesar Rp 135 miliar.

Untuk memenuhi target tersebut, Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar meminta Badan Pendapatan Daerah melakukan inovasi agar target tersebut bisa tercapai atau bahkan terlampaui. ”Dua tujuan besar yang harus dicapai tahun 2017 yakni peningkatan PAD dan peningkatan pelayanan,” ujar Najmul, Jumat (13/1) lalu.

Ditambahkan, peningkatan PAD dilakukan agar pelayanan kepada masyarakat tidak lemah. Misalnya, saja penyediaan dana di bagian Kesra, penyediaan beasiswa, penyediaan dana untuk ambulans desa tentu membutuhkan sumber dana yang besar. Jadi untuk menunjang pelayanan publik ini, daerah membutuhkan pendapatan yang besar.

Lebih lanjut, Najmul mengungkapkan, banyak hal yang bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan PAD. Salah satunya dari retribusi parkir di tempat-tempat umum seperti di pasar tradisional. ”Parkir di pasar Tanjung saja setiap harinya sangat banyak, tetapi saya dapat keluhan dari tukang parkir mereka merasa berat menyetor Rp 500 ribu per bulan. Seharusnya bisa lebih dari itu, kalau saya kepala dinasnya saya target pendapatan dari parkir Rp 2 juta per bulan,” tandasnya.

Sehingga muncul pertanyaan, apakah benar Rp 500 ribu itu disetor per bulannya. Karena setiap harinya sangat banyak kendaraan roda dua yang parkir di pasar Tanjung saja. ”Dengan melihat langsung di lapangan bisa jadi Rp 500 ribu itu didapat sehari. Jika sebulan berarti Rp 15 juta, kalau disetor Rp 500 ribu sisanya ke mana. Apakah ada yang bermain, saya harap jangan ada yang seperti itu,” pungkasnya. (puj/r7)

 

 

Sumber : www.lombokpost.net/2017/01/16/kepala-skpd-harus-berinovasi/

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Rempek

tampilkan dalam peta lebih besar